Berita



30 Pesilat UNU Sidoarjo Ikut Ujian Pengambilan Sabuk


  14 Maret 2017

Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat NU Pagar Nusa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sidoarjo menyelenggarakan Ujian Pengambilan Sabuk (UPS) di Bumi Perkemahan Wana Wisata Air Terjun Dlundung, Trawas, Mojokerto. Kegiatan yang dilaksanakan mulai 11 hingga 12 Maret 2017 itu diikuti 30 pendekar muda.

 

Ketua Umum UKM Pencat Silat NU Pagar Nusa UNU Sidoarjo M. Ilham Athoillah mengatakan, sebelum peserta mendapatkan sabuk mereka harus menjalani beberapa ujian. Materi ujian meliputi ujian fisik, keterampilan, mental, jurus, ke-NU-an dan kebangsaan.

 

Di tempat yang sama Zakariya Dimas Pembina UKM menambahkan, selain untuk penguatan mental dan fisik, UPS juga menekankan pada penguatan budaya asli Indonesia dan sebagai benteng NU.

 

“UPS ini juga sebagai wadah pemantaban mental para kader Pagar Nusa untuk upaya mempertahankan budaya pencak silat dan memberikan ketahanan fisik yang khusus guna membela dan mempertahankan NU dan Bangsa,” ujar Zakaria Dimas saat ditemui di UNU Sidoarjo usai kegiatan UPS.

 

Hadir pada kegiatan itu, para pelatih dan asisten pelatih dari beberapa rayon di Sidoarjo. Kehadiran mereka selain untuk menyaksikan ujian juga untuk bersilaturahim.

 

Prosesi pembaiatan dilakukan oleh Wakil Ketua Pagar Nusa Sidoarjo Yudhi Triawan. Ia pun mengaku bangga atas jerih payah para pelatih dan pengurus yang telah mengupayakan adanya ujian tersebut sebagai proses kaderisasi Pagar Nusa. (UNUSIDA PRESS)