Berita



Dosen Tekling Konsultan Lingkungan Desa Kedungsumur


  5 Oktober 2017

Dosen Teknik Lingkungan (Tekling) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sidoarjo pada Rabu (27/9) memberikan penyuluhan lingkungan di Desa Kedungsumur. Kegiatan tersebut dalam rangka memberi pelatihan pengolahan sampah untuk mengubah sampah menjadi berkah.

Dosen Teknik Lingkungan UNU Sidoarjo Muhammad Tamyis menjelaskan, kehadirannya bersama dosen Teknik Lingkungan lainnya untuk memberikan wawasan tentang pengelolaan sampah. Materi yang disampaikan meliputi bahaya sampah sampai pada cara memperoleh keuntungan dari sampah.

“Kita ini tim dari Teknik Lingkungan sebagai konsultan. Selain itu sekaligus sebagai tugas pengabdian masyarakat dari kampus,” jelas Tamyis saat ditemui di Balai Desa Kedungsumur usai memberi penyuluhan.

Rencananya, lanjut Tamyis, akan ada pendampingan teknis secara langsung. Hal itu didasarkan permintaan warga yang menginginkan pihak kampus tidak hanya membimbing secara teoritis, tetapi juga secara intensif dan berkelanjutan.

Senada dengan Tamyis, Kepala Desa Kedungsumur Muntholib menambahkan, selain mendatangkan konsultan lingkungan dari UNU Sidoarjo pihaknya juga akan memberangkatkan Kader Peduli Lingkungan ke Sleman, Yogyakarta. Di sana mereka akan mengamati langsung pengelolaan sampah di beberapa desa.

Sebelumnya, desa tersebut sudah membentuk Kader Peduli Lingkungan yang beranggotakan ketua RT dan RW beserta perwakilan ibu rumah tangga. Tugas mereka adalah mengkampanyekan pentingnya pengelolaan sampah.