Berita



Peringati Hari Musik, Filkom UNU Sidoarjo Gelar Seminar Musicology


  14 Maret 2017

Memperingati Hari Musik Nasional yang dirayakan setiap tanggal 9 Maret, Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Program Studi Desain Komunikasi Visual (Prodi DKV) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sidoarjo menggelar Seminar Musicology. Bertempat di Hall Rahmatul Ummah UNU Sidoarjo kegiatan tersebut diikuti 500 peserta yang terdiri dari masyarakat umum, mahasiswa, dan guru-guru dibawah naungan IGTK-RA Muslimat NU Sidoarjo.

 

Maria Ulfa Yudha Julistiyana Dosen DKV yang sekaligus ketua pelaksana seminar mengatakan, Seminar Musicology digelar untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai music. Berbagai macam potensi dan bagaimana music diimplementasikan di berbagai element kehidupan terutama untuk pendidikan.

 

“Kita melihat peluang yang masih belum tergarap untuk bidang pendidikan. Kami pilih Musicology karena memang jarang ada seminar semacam itu,” kata Bu Ulfa sapaan Dosen DKV itu usai pembukaan seminar, Senin 13 Maret 2017.

 

Selain pemahaman tentang music, lanjut Bu Ulfa, kegiatan tersebut juga menjadi wadah apresiasi dan kreasi mahasiswa UNU Sidoarjo untuk mata kuliah kesenian yang penilaiannya disajikan kepada masyarakat terlebih dulu.

 

Pada seminar tersebut juga menjelaskan cara memaknai dan memperhatikan music melalui sudut pandang yang lebih luas, tidak hanya sekedar sebagai hiburan. Yang terpenting, yakni music dapat mempengaruhi prilaku, kecerdasan, dan intelektual anak sehingga berpengaruh pada pembentukan karakter.

 

Panitia menghadirkan Aji Kelono Listriatmojo Founder ZEiN Multitalent Indonesia sebagai pemateri. Materi yang ia sampaikan bertemakan Get The Refreshment with Psychologist Music therapy.

 

Ditemui di tempat yang sama, Hadi Ismanto Wakil Rektor I menambahkan, mengutip perkataan Imam Al Gazali bahwa music juga bisa digunakan sebagai media mendekatkan diri kepada Allah. “Orang yang tuli tidak mampu menikmati suara merdu notasi music keberadaannya sama dengan tidak ada,” ungkapnya.(UNUSIDA PRESS)