Berita



Tim Teknik Kimia Unusida Lolos Seleksi Pendanaan Kemristekdikti


  7 Agustus 2018

Tim Program Kreatif Mahasiswa (PKM) jurusan Teknik Kimia Universitas NU Sidoarjo (Unusida) Jawa Timur berhasil lolos seleksi pendanaan penelitian Kemristekdikti 2018 pada Rabu, 18 Juli lalu. Tim tersebut menjalani monitoring dan evaluasi oleh tim reviewer Kemristekdikti di kampus Universitas Airlangga Surabaya.

 

Dosen pembimbing PKM, Qurrota Ayuni menjelaskan, ada sekitar 20 ribu proposal yang masuk di Kemristekdikti. Kemudian proposal tersebut diseleksi dan diambil 4 ribu proposal untuk mendapatkan bisaya penelitian.

 

"Ini tim satu-satunya dari Unusida, dan alhamdulillah kami lolos," kata Qurrota Ayuni saat ditemui di sela-sela pengerjaan penelitian di laboratorium kimia, Jumat (3/8).

Ayun, sapaannya menambahkan, proposal penelitian yang berjudul Isolasi Fotosterol dari Bawang Merah saat ini sedang diteliti mulai bulan Juni lalu. Hasilnya akan dipublikasikan ke dalam jurnal ilmiah dan seminar nasional.

 

Ketua tim PKM UNUSIDA Mosonnifin Aziz mengatakan, kandungan lain yang terdapat dalam bawang merah bermanfaat sebagai penurun kolesterol darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

 

Ia bersama Farikha Alfi Syahriyah dan Ahmad Ihya Ulumuddin akan mengakhiri penelitian pada November mendatang. Mereka berharap hasil karyanya dapat bermanfaat untuk pemanfaatan bawang merah yang tidak hanya digunakan untuk memasak