Berita



Tingkatkan Kualitas Dosen, UNU Sidoarjo Gelar Pelatihan 'Pekerti'


  5 Oktober 2017

Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) bekerja sama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) serta Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) 7 menggelar Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Intruksional (Pekerti). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dosen yang kompeten di bidangnya.

Rektor Unusida Fatkul Anam mengatakan, Pekerti merupakan bagian dari proses untuk menjadi dosen prefesional. Karena tidak semua dosen memiliki kemampuan dalam mengelola proses perkuliahan. Selain itu, Pekerti merupakan wujud dari tuntutan masyarakat akan adanya jaminan kualitas perkuliahan, sehingga hasilnya sesuai dengan standar yang ditentukan.

"Ini bagian dari proses menjadi dosen professional, karena tidak semua dosen memiliki kemampuan dalam hal belajar mengajar. Semoga memberikan bekal tentang pengelolaan perkuliahan, ada perbaikan proses pembelajaran yang selama ini sudah dilakukan oleh dosen," kata Fatkul Anam kepada NU Online, Rabu (4/10).

Anam menambahkan, Pekerti dijadikan sebagai pengganti akta 5 bagi dosen. Materinya meliputi analisis perkuliahan, penyusunan satuan acara perkuliahan, penyusunan silabus, evaluasi, kontrak kuliah, dan sebagainya.

Kegiatan yang digelar di Meeting Room Unusida itu berlangsung selama 5 hari mulai Senin hingga Jumat mendatang (2-6/10) dan diikuti 52 dosen dari 8 perguruan tinggi di Jawa Timur.