Berita



Tingkatkan Kualitas Perkuliahan, Dosen UNUSIDA Lakukan Seminar Berbasis SCL dan ICT


  11 Oktober 2018

Seminar hasil yang dilaksanakan pada hari Selasa, 9 Oktober 2018, merupakan acara puncak dari serangkaian acara hibah program Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pembelajaran Berpusat pada Mahasiswa Memasuki Revolusi Industri 4.0 (PKP-PBMRI). Acara yang berkerjasama dengan Ristekdikti ini menghadirkan 8 dosen model yang berasal dari Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Teknik untuk melakukan presentasi seminar hasil pelaksanaan lesson study berbasis SCL dan ICT.

Masing-masing dosen model sebelumnya telah melakukan lesson study dengan menggunakan pendekatan Student Centered Learning (SCL) dengan metode yang bervariasi, mulai dari metode small group discussion, presentasi mahasiswa, sampai dengan cooperative learning dan berbantu ICT, dalam hal ini Edmodo selama beberapa pertemuan perkuliahan. Hasil dari kegiatan tersebut kemudian diseminarkan dengan turut mengundang pihak rektorat, dosen observer, dan dosen program studi dari Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Teknik. Pada kegiatan seminar tersebut, para dosen model berbagi pengalaman yang bermanfaat dan temuan-temuan yang berkaitan dengan peningkatan  perkuliahan selama melaksanakan lesson study.

“Harapan kami selaku panita, dalam program ini adalah adanya keberlanjutan dari para dosen model untuk konsisten mengaplikasikan pendekatan Student Centered Learning (SCL) dan ICT dalam peningkatan perkuliahan mereka, dan juga akhirnya bisa menyebar ke dosen-dosen di prodi lainnya”, Ujar Athika Dwi Wiji Utami, selaku ketua panitia.