Berita



UNU Sidoarjo Gelar Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar


  22 Januari 2018

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sidoarjo menggelar kursus pembina pramuka mahir tingkat dasar. Kegiatan tersebut dilaksanakan di dua tempat, yakni di kampus UNU Sidoarjo dan Pondok Pesantren Darussalam, Malang pada Senin hingga Jumat (15-19/1).

 

Di hari pertama, para peserta dan pengurus gugus depan gerakan pramuka UNU Sidoarjo mendapatkan pembekalan dan dilanjutkan dengan pengukuhan pengurusnya di hari ke-2. Setelah itu kegiatan kursus dilajutkan di Pesantren Darussalam selama 3 hari.

 

Wakil Ketua Kuartir Cabang Pramuka Sidoarjo Mustain Baladan yang hadir mewakili ketua Kuarcab Sidoarjo berharap, dengan adanya pengurus pramuka UNU Sidoarjo, kabupaten Sidoarjo menjadi pramuka tergiat pertama di Jawa Timur.

 

 

 

"Saat ini Pramuka Sidoarjo menempati posisi ke-2 tergiat se-Jawa Timur," kata Kak Tain sapaan akrab Mustain Baladan, Jumat (19/1).

Ia pun mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan tersebut, karena diikuti sebanyak 147 peserta.

 

Sementara Ketua Pembina Mabigus UNU Sidoarjo Fatkul Anam menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut merupakan program wajib kampus. Karena dalam Kurikulum 2013, pramuka merupakan ekstra kurikuler wajib di sekolah. "Pramuka tidak bisa ditawar lagi," tegasnya.

 

Kursus tersebut menjadi penting karena UNU Sidoarjo memiliki jurusan ilmu pendidikan. Targetnya, lulusan FKIP memiliki bekal kepramukaan saat mereka mengajar di sekolah. UNUSIDA PRESS