Tribun Academy menggelar Pelatihan Literasi Keuangan dalam Z Finance Academy di Unusida (Foto: Humas Unusida)

Z Finance Academy, Mahasiswa Unusida Dibekali Literasi Keuangan untuk Gen Z

Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) dibekali tentang perencanaan keuangan bersama Tribun Academy, Senin (07/10/2024). Acara bertajuk Z-Finance Academy yang merupakan hasil kerja sama Unusida dan Tribun Academy bersama Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) tersebut digelar di Hall Lantai 5 Kampus 2 Unusida, Lingkar Timur, Sidoarjo.

Rektor Unusia, H Fatkul Anam mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung terhadap kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan softskill mahasiswa. Di antaranya sistem pengelolaan keuangan yang juga sangat penting bagi mahasiswa untuk menunjang prestasi dalam kuliah.

“Literasi tentang keuangan merupakan hal sangat penting yang perlu diketahui mahasiswa. Manfaatnya jelas, kita bisa lebih baik dalam mengelola keuangan,” katanya saat menghadiri acara tersebut.

Pihaknya sangat mengapresiasi Tribun Academy dan LPS yang telah menggelar kegiatan ini di Unusida. Ke depan, kegiatan-kegiatan serupa diharapkan semakin sering digelar dengan topik yang sedang tren, yang dibutuhkan mahasiswa.

“Semakin sering semakin bagus. Topik bisa berganti-ganti, apa yang lagi ngetren. Seperti tentang pengelola keuangan atau topik lain yang dibutuhkan para generasi Z atau mahasiswa-mahasiswa di sini,” lanjutnya.

Mimien Susanto, Financial Planner, yang menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut menyebutkan, perencanaan keuangan adalah perencanaan kehidupan. Oleh karena itu, ia mengajak para mahasiswa untuk merencanakan hidup dengan baik supaya bisa meraih keberuntungan di masa mendatang.

“Ada enam langkah financial planning bagi Gen Z, yakni memiliki sumber penghasilan, mengatur pengeluaran, membuat tujuan keuangan, memiliki manajemen risiko, memahami manajemen utang, serta belajar menabung dan investasi dengan benar,” kata Mimien.

Sementara itu, Kepala Divisi Edukasi, Hubungan Masyarakat, dan Hubungan Kelembagaan Kantor Perwakilan LPS II Fitri Septiana lebih banyak menerangkan dan mengupas tentang peran dan fungsi LPS. Termasuk mengenalkan lembaga ini ke mahasiswa, serta memberi pemahaman pentingnya menabung.

Fitri menyampaikan bahwa LPS merupakan lembaga independen yang dibentuk berdasar Undang-undang nomor 24 tahun 2004 (UU LPS) sebagaimana diubah dalam Undang-undang nomor 4 tahun 2023 (UU P2SK) dengan tujuan untuk menjamin dan melindungi dana masyarakat yang ditempatkan pada Bank serta perusahaan Asuransi dan perusahaan Asuransi Syariah.

“Semua tabungan kita yang ada di bank konvensional maupun di bank Syariah terjamin oleh LPS. Jadi teman-teman mahasiswa tidak perlu khawatir menyimpan uangnya di bank,” ungkapnya.

Semua peserta tampak antusias, menyimak dan mengikuti semua materi yang diberikan. Salah satu di antaranya Faza, mahasiswa prodi PGSD yang ikut dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa sangat tertarik dengan tema yang dibahas yaitu tentang literasi keuangan untuk Gen Z.

Ia mengaku banyak mendapat manfaat dari kegiatan ini. Sebagai generasi Z, dia dan teman-temannya jadi paham tentang pentingnya perencanaan keuangan.

“Bagus acaranya, kita jadi paham bahwa ketika menabung di bank, termasuk bank konvensional atau bank Syariah, tabungan kita terjamin oleh LPS,” pungkasnya.

 

(my)

Kuliah Tamu bersama Prof. Ts. Dr. Azlina Idris CEng, Dekan Hal Ehwal Pelajar School of Electrical Engineering, College Of Engineering Universiti Teknologi MARA (Foto: Humas Unusida)

Fakultas Teknik dan Filkom Unusida Gelar Kuliah Tamu Bersama Guru Besar Asal Malaysia

Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) menggelar kuliah tamu bersama Prof. Ts. Dr. Azlina Idris CEng, Dekan Hal Ehwal Pelajar School of Electrical Engineering, College of Engineering Universiti Teknologi MARA. Kegiatan tersebut dipusatkan di Hall Lantai 5 Unusida, Lingkar Timur, Sidoarjo, Senin (30/09/2024).

Kuliah tamu tersebut mengusung tema pembahasan ‘Towards Industry 5.0 With Massive Internet of Things Technology and System’. Menurut Prof Azlina perkembangan teknologi yang semakin cepat saat ini harus diikuti oleh semua bidang kehidupan, khususnya bidang pendidikan tinggi.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Azlina menjelaskan tujuan adanya teknologi terbaru yang tersedia di industri terkait Massive Internet of Things (IoT) untuk Industrial Revolution (IR) 5.0.

Menurutnya, pengguna harus dapat membedakan hubungan antara IoT dan Massive IoT, di antaranya dengan mengenali kebutuhan dan penerapan sistem Massive IoT.

“Apa itu IR 5.0 Technology? apa itu massive IoT?, apa manfaatnya?, dan bagaimana cara penggunaannya?,” katanya saat menyampaikan materi.

Ia menerangkan tentang The New Revolution Industri 5.0 yang meliputi mekanisasi, energi listrik, otomatisasi, digitalisasi dan personalisasi humanisasi. Semua hal tersebut berpusat pada manusia yang tangguh dan memiliki nilai keberlanjutan.

Revolusi industri digambarkan sebagai perubahan mendadak dalam struktur dan sifat masyarakat, seperti kemajuan budaya, filsafat, dan teknologi. Revolusi terbaru saat ini adalah Society 5.0, menggabungkan kreativitas manusia dengan teknologi digital untuk membawa kita menuju pembangunan berkelanjutan.

Revolusi industri 5.0 saat ini sangat mengandalkan internet. Adanya sistem seperti IoT dapat menghubungkan perangkat yang tertanam di berbagai sistem ke internet. Ketika perangkat/objek dapat merepresentasikan dirinya secara digital, maka perangkat/objek tersebut dapat dikontrol dari mana saja. Konektivitas ini yang dapat membantu kami menangkap lebih banyak data dari lebih banyak tempat, memastikan lebih banyak cara untuk meningkatkan efisiensi.

Massive teknologi saat ini memungkinkan kita untuk menghubungkan, menghitung, berkomunikasi. Sistem pintar tersebut didorong oleh kombinasi sensor, konektivitas, manusia, dan proses,” terangnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Internet of Things akan membawa kita melampaui koneksi untuk menjadi bagian dari sistem saraf global yang hidup dan bergerak. Baik Anda individu, pengembang teknologi, atau pengguna teknologi ini, internet of things akan memperluas batasan sistem saat ini.

“Internet memberi kita kesempatan untuk terhubung dengan cara yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Apakah Anda siap menghadapi perubahan dalam cara kita belajar, bekerja, dan berinovasi?,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dirangkai dengan penandatanganan ‘Implementation Arrangement’ (IA) antara Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Komputer Unusida dan Universiti Teknologi MARA, Shah Alam, Malaysia. Implementation Arrangement ini bertujuan untuk mendorong kerja sama internasional dalam Kegiatan Kuliah Tamu ‘Menuju industri 5.0 dengan teknologi dan sistem internet of things yang masif‘.

Rektor Unusida, H Fatkul Anam menyampaikan bahwa Kedua institusi menekankan bahwa kegiatan ini menghasilkan kesepakatan yang saling menguntungkan dan berkelanjutan. Kedua lembaga berupaya mengembangkan kegiatan yang saling menguntungkan bagi dosen, mahasiswa, fakultas, departemen, dan lembaga penelitian berdasarkan ketentuan IA ini.

“Melalui IA ini merupakan komitmen kedua institusi dalam melaksanakan kegiatan kerja sama yang saling menguntungkan nantinya,” tandasnya.

 

(my)

Suasana Peringatan Maulid Nabi di Unusida bersama Ketua Lakpesdam PCNU Sidoarjo, Prof. Dr. M Syamsul Huda, M.Fil.I (Foto: Humas Unusida)

Peringati Maulid Nabi, Momentum Meneladani Akhlak dan Semangat Juang Rasulullah SAW

Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LAKPESDAM) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo, Prof. Dr. M Syamsul Huda, M.Fil.I menyampaikan kiat-kiat dalam meneladani akhlak dan semangat juang Rasulullah SAW. Sejak lahir, Nabi Muhammad SAW telah ditempa dengan berbagai ujian, mulai dari ditinggal kedua orang tua hingga dimusuhi oleh masyarakat di sekelilingnya.

Akan tetapi, Nabi Muhammad SAW dapat melalui semua ujian tersebut dengan kesabaran serta memberikan contoh yang baik melalui akhlakul karimah. Hal tersebut yang mempengaruhi cara pandang masyarakat pada zaman jahiliyah dalam menyikapi kehidupan di dunia.

“Keberhasilan Rasulullah ketika diuji dan dapat dilalui dengan baik dengan kesabaran dan kekuatan mental. Ujian yang diberikan oleh Allah di dunia tidak benar-benar menderita, tetapi terdapat kenikmatan di belakangnya,” ujarnya saat menyampaikan tausiah dalam peringatan Maulid Nabi bersama sivitas akademika Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) di Masjid KH Hasyim Asy’ari, Jum’at (20/09/2024).

Guru Besar Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya tersebut menyampaikan bahwa step by step dalam mencintai Rasulullah SAW adalah dengan banyak membaca maupun mendengarkan kisah Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia menceritakan penelitian ilmuwan dari Amerika Serikat Mikel Haj menulis sebuah buku yang berjudul 100 tokoh berpengaruh dunia dan menempatkan Nabi Muhammad SAW di ranking yang pertama. Hal tersebut memunculkan banyak pertanyaan-pertanyaan mengapa tidak Nabi Isa, karena mayoritas agama yang dianut negara bukan muslim. Tetapi Rasulullah SAW yang dianggap pantas menjadi orang yang harus diteladani.

Dalam penelitian tersebut ada empat alasan yang menjadikan Rasulullah menjadi orang yang untuk diteladani, yaitu berhasil menyelesaikan secara sempurna ketika menghadapi ujian.

Bagaimana menghadapi ujian adalah mengkaji dan mengaji. Jadi sesungguhnya Nabi Muhammad SAW mempunyai pribadi tahan uji sejak kecil.

“Jadilah pribadi yang berani diuji, tidak dianggap sebagai masalah, tetapi jadilah pribadi yang bisa melahirkan solusi setelah mendapatkan ujian,” terangnya.

Ia menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW memberikan contoh sebagai orang yang solutif. Tak heran, Rasulullah SAW dipercaya oleh masyarakat karena mempunyai ide-ide mempersatukan misi kabilah-kabilah di tanah arab saat itu.

“Setelah diuji, seharusnya menjadikan mental kita menjadi solutif. Seperti Rasulullah SAW tidak lari ketika menghadapi kesulitan, akan tetapi berpikir solusi dari masalah yang menimpa. Maka harus mengkaji dulu baru mengaji, jangan dibalik,” jelasnya.

Sesuai dengan teladan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, yang pertama jadilah pribadi yang tahan uji dengan cara melihat masalah menjadi sebuah potensi, kedua setelah jenengan melihat masalah itu menjadi potensi, maka jadikanlah itu menjadi solusi. Solusi untuk diri maupun solusi untuk lingkungan. Jangan menjadikan Anda ini bagian dari masalah yang akan membebani diri dan lingkungan. Dan yang ketiga adalah jadilah pribadi yang terus-menerus melakukan mengkaji lingkungan, mengkaji alam, mengkaji ilmu dan berikutnya mengaji.

“Kalau hanya sekedar mengkaji, maka hanya otak yang cerdas tapi hati kita akan gelisah,” tuturnya.

Ia menuturkan agar selalu berusaha menunjukkan pikiran seperti UNESCO, learning to do, learning to know learning to do, learning to be, learning to together. Hal tersebut sesuai dengan misi yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah menjadi ‘Rahmatan lil Alamin’. To know itu dari tidak tahu menjadi tahu, to do dari tahu kamu lakukan mendapatkan hasil maka kamu mengajarkan kepada orang lain.

“Jadilah orang yang selalu berbagi tetapi berbagi didasari oleh apa yang kita miliki berdasarkan keilmuan kita. Jadilah nanti pendidik-pendidik masyarakat yang selalu menebar kebaikan,” pungkasnya.

 

(my)