Dosen Fakultas Teknik Unusida Berikan Pelatihan Digital Marketing Dan Foto Produk Bagi Pengrajin Batik Ecoprint, Bangil, Pasuruan

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Sidoarjo – Sebagai upaya dalam membantu pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang berada di Kabupaten Pasuruan, Dosen Fakultas Teknik Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (UNUSIDA) melaksanakan Pelatihan Digital Marketing dan Foto Produk. Kegiatan tersebut merupakan tidak lanjut dari Program Hibah Pengabdian Masyarakat Skema Kemitraan Masyarakat (PKM) Tahun Pelaksanaan 2022.

Program Pengabdian masyarakat ini digagas dan dilaksanakan oleh Dosen Fakultas Teknik (FT) Unusida. Pengabdian Masyarakat (Pengmas) kali ini diketuai oleh Dekan Fakultas Teknik Unusida, Listin Fitrianah, M.Si, dari Prodi Teknik Lingkungan, dengan anggota tim Zahrotul Azizah, M.T dari Prodi Teknik Kimia,  dan Agus Rachmad Purnama, M.MT dari Prodi Teknik Industri.

Berdasarkan ide dan gagasan yang diusulkan oleh tim dosen dengan keilmuan multidisiplin tersebut, mereka berhasil mendapatkan Hibah Pengabdian Masyarakat dengan Skema PKM dari Kemendikbud Dirjen Pendidikan Tinggi tahun pelaksanaan 2022.

Adapun kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan pada hari Senin (8/08/2022) di Desa Kalirejo, Bangil, Kabupaten Pasuruan, dengan Mitra UKM Kusumo Ecoprint. Kegiatan pelatihan tersebut diikuti sebanyak 13 peserta yang merupakan anggota kelompok UKM Ecoprint.

Listin Fitrianah selaku ketua tim mengatakan bahwa program pengabdian masyarakat ini sasarannya adalah kelompok kreatif pengrajin batik ecoprint, yaitu UKM Kusumo Ecoprint yang berada di Desa Karangrejo Kecamatan, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

“Mitra merupakan pengrajin batik ecoprint sejak tahun 2019 dengan produk yang dihasilkan adalah kain batik ecoprint, scarf ecoprint, tas ecoprint, dompet ecoprint, pouch ecoprint dan sepatu ecoprint”, ungkapnya.

Dosen yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik ini juga menyatakan bahwa UKM Kusumo Ecoprint menghasilkan produk yang ramah lingkungan dengan harga yang murah. Namun, dalam pemasaran produknya belum memanfaatkan platform digital, seperti media sosial dan e-commerce.

“Kelompok kreatif UKM Kusumo Ecoprint ini punya produk yang bagus, namun dalam aspek pemasarannya belum memanfaatkan platform digital, sehingga pemasaran yang dilakukan kurang maksimal”, katanya.

Anggota tim, Zahrotul Azizah menambahkan bahwa salah satu tujuan pelatihan ini untuk memberikan pemahaman kepada semua anggota kelompok UKM Kusumo Ecoprint tentang bagaimana memanfaatkan e-commerce sebagai upaya dalam peningkatan pemasaran produk batik pelaku UKM di daerah tersebut.

“Dengan dilaksanakannya pelatihan ini diharapkan UKM Kusumo Ecoprint mendapatkan pemahaman baru, tentang bagaimana memaksimalkan e-commerce dalam meningkatkan pemasaran produk”, jelas Wakil Dekan Fakultas Teknik dan Pembina Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Unusida tersebut.

Lebih lanjut, Agus Rachmad Purnama, yang juga anggota tim ini menjelaskan bahwa disamping digital marketing, foto produk juga berperan penting dalam pemasaran produk, karena dengan foto produk yang bagus, mampu menarik minat konsumen.

“Foto produk yang bagus dan kekinian yang disesuaikan dengan minat masyarakat dalam platform digital, tentunya akan memberikan pengaruh dalam menarik minat konsumen”, ucap Agus.

Kegiatan pelatihan ini disambut dengan sangat antusias oleh seluruh peserta karena diisi oleh pemateri yang sudah berpengalaman dalam digital marketing dan foto produk. Hal ini terlihat dari keseriusan peserta dalam mengikuti acara, dengan banyak pertanyaan yang diutarakan terkait pengalaman mereka melakukan pemasaran menggunakan platform digital.

Yayan Zhanuar selaku pemateri menyampaikan bahwa pelatihan ini akan sangat bermanfaat bagi pelaku UKM, karena salah satu cara memenangkan persaingan dalam pemasaran digital adalah foto produk, dimana foto produk yang baik akan membuat konsumen untuk melihat produk kita, dan tidak menutup kemungkinan untuk membelinya.

Dalam pelatihan tersebut, peserta diberikan penjelasan mengenai cara dan langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam menghasilkan foto produk yang baik, serta mengupload foto tersebut ke media sosial, maupun e-commerce.

“Kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan pelaku UKM untuk bersaing dalam pemasaran digital/ online, karena dengan foto produk yang baik dan menarik, akan mampu mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang dijual oleh UKM”,  ujarnya saat menyampaikan materi.

Sementara itu, Budi Setyo Marheny selaku Ketua UKM Kusumo Ecoprint ini  menyatakan bahwa program pelatihan yang dilaksanakan oleh Dosen Fakultas Teknik Unusida ini sangat luar biasa dan membantu anggota dalam memperoleh  ilmu dan manfaat dalam membuat foto produk yang bagus, serta memanfaatkan pemasaran online, sehingga kedepan diharapkan permintaan terhadap produk kami dapat meningkat.

“Kegiatan ini sangat luar biasa, dimana kita dilatih untuk membuat foto produk yang bagus, dan cara memasarkan produk secara online. Kedepan kami sangat berharap produk UKM Kusumo Ecoprint dapat diminati oleh masyarakat luas”,  pungkas Heny.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][thim-multiple-images image=”18896,18895,18894″ column=”3″][/vc_column][/vc_row]