UNUSIDA (Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo) didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 195/E/O/2014 tentang Izin Pendirian Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Nahdlatul Ulama disingkat NU di Provinsi Daerah Ibukota Jakarta, Tanggal 4 Juli 2014.

Penyelenggara Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo adalah Perkumpulan (Jam’iyah) Nahdlatul Ulama (NU) berkedudukan di Provinsi Daerah Ibukota Jakarta, dan Nama Pengelola Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo adalah Badan Pelaksana Pengelola Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo disebut BPP UNU Sidoarjo berkedudukan di Sidoarjo Jawa Timur.

Pendirian Perkumpulan Nahdlatul Ulama (NU) tanggal 31 Januari 1926 di Surabaya mendapat Rechtpersoon pada tanggal 6 Februari 1930 No. IX berdasarkan Statuten Perkoempoelan Nahdlatoel – Oelama No. 23 Tahun 1930 Petikan dari Daftar Besluit- besluit S.p.t.b. Goebernoer Djenderal dari Hindia Nederland tanggal 6 Februari 1930 nomor IX, sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Akta No. 04 tanggal 10 April 2013 dibuat oleh Notaris Munyati Sullam, S.H. berkedudukan di Kota Tanggerang Selatan dan telah disahkan dengan keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor AHU- 70.AH.01.08. Tahun 2015 tanggal 5 September 2015.

Unusida memiliki 4 Fakultas yang menaungi 10 Program Studi yang menyelenggarakan Program S-1. Empat Fakultas tersebut antara lain :Unusida memiliki 4 Fakultas yang menaungi 10 Program Studi yang menyelenggarakan Program S-1. Empat Fakultas tersebut antara lain :

  1. Fakultas Teknik dengan 3 Program Studi yaitu : Teknik Industri, Teknik Lingkungan dan Teknik Kimia
  2. Fakultas Ilmu Komputer dengan 3 Program Studi yaitu : Teknik Informatika, Desain Komunikasi Visual, dan Sistem Informasi
  3. Fakultas Ekonomi dengan 2 Program Studi : Akuntansi dan Manajemen
  4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan 2 Program Studi yaitu : Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Logo/lambang Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo memuat : Bola dunia yang selalu berputar, bintang sembilan dengan satu bintang besar di atas melambangkan kepemimpinan Nabi Muhamad SAW, dan tulisan UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SIDOARJO. Lambang Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo tersebut memiliki makna sebagai berikut :

Logo Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  1. Bola dunia melambangkan bahwa Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo berdiri untuk mensejahterakan bangsa Indonesia.
  2. Bola dunia yang berputar melambangkan bahwa selama dunia masih berputar, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo bercita-cita untuk selalu berkiprah dalam perjuangannya.
  3. Pita berwarna hijau yang melingkar bola dunia melambangkan kuatnya simbol tali persaudaraan antar ummat se dunia.
  4. Satu bintang besar melambangkan semangat perjuangan Rasullullah.
  5. Empat bintang di atas melambangkan semangat perjuangan sahabat Khulafaurrashidin yang terdiri dari Abu Bakar as-Shiddiq ra, Umar bin Khattab ra, Utsman bin Affan ra, dan Ali bin Abi Thalib ra.
  6. Empat bintang di bawah melambangkan perjuangan empat madzhab Ahlussunnah Waljamaah yang terdiri dari Syafi’i, Maliki, Hambali, dan Hanafi.
  7. Warna hijau melambangkan keagungan kesejahteraan, kebijaksanaan, dan kecerdasan Gambar Lambang UNU Sidoarjo:
    Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo mempunyai motto: “RELIGIOUS CAMPUS WITH ENTREPRENEURSHIP SPIRIT”
X